SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DINAS PERHUBUNGAN KOTA BALIKPAPAN

Kota Balikpapan Kembali Raih Indonesia Road Safety Award (IRSA)

Sunday - 16 Desember 2018 - Dibaca: 95 kali

Jakarta – Kado manis akhir tahun diraih Kota Balikpapan dengan menjadi pemenang Pilar 1 Manajemen Keselamatan Jalan Kategori khusus Excellent City pada ajang penganugerahan Indonesia Road Safety Award (IRSA) tahun 2018.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi  kepada Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Sudirman Djayaleksana mewakili Wali Kota Balikpapan di Hotel JW Marriot Jakarta pada Kamis (14/12).

Menurut Sudirman (sapaan akrab Sudirman Djayaleksana, red) raihan ini merupakan kali ke-6 Kota Balikpapan memenangkan IRSA sejak pergelaran pertama 2013 silam.

“Ini ke 6 kalinya kita mendapat penghargaan IRSA, dua tahun terakhir kita masuk di kategori khusus Excellent City dimana hanya ada tiga kota yang terpilih, tahun ini ada Kota Semarang, Kota Tagerang dan Kota Balikpapan” jelasnya

Sudirman berharap dengan diraihnya penghargaan ini pihaknya bersama stakeholder terkait dapat terus berupaya mewujudkan 5 pilar keselamatan khususnya di Kota Balikpapan

“penghargaan ini sebagai motivasi kita untuk terus meningkatkan keselamatan jalan, mulai dari manajemennya, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, pengguna jalan sampai dengan penanganan pasca kecelakaan, masih banyak PR kita untuk itu kami akan terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait” pungkasnya.

Indonesia Road Safety Award (IRSA) merupakan penghargaan terhadap kota dan kabupaten terbaik dalam hal penerapan program-program terkait road safety yang digagas oleh PT Adira Insurance bekerjasama dengan Majalah SWA. Semangat dari program IRSA adalah untuk memberikan dukungan kepada pemerintah Kab/Kota agar terus bekerja keras menerapkan pilar-pilar road safety di lingkungan pemerintahannya sehingga tercipta keselamatan lalu lintas jalan.

Di tahun 2018, tercatat sebanyak 137 kota dan kabupaten yang ikut serta dalam IRSA 2018. Dari 137 peserta, terpilih 23 kota dan kabupaten finalis IRSA 2018. 23 finalis terpilih, berdasarkan data-data keselamatan jalan seperti jumlah penduduk, luas wilayah, jumlah kecelakaan, jumlah fatalitas kecelakaan, dan data pendukung lainnya. Tahapan penilaian dimulai dari shortlistning finalis dilanjutkan dengan tahap observasi lapangan dan survei kepuasan pengguna jalan hingga tahap penjurian akhir terhadap 23 finalis IRSA 2018 (hjp/dishub)