SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DINAS PERHUBUNGAN KOTA BALIKPAPAN

Aksi Keselamatan Transportasi Darat, Kota Balikpapan Mendapat Bantuan Bus Sekolah

Monday - 17 Desember 2018 - Dibaca: 66 kali

Balikpapan – Dalam rangka meningkatkan kualitas keselamatan berlalulintas di jalan raya Kementerian Perhubungan melalui Direktur Angkutan Multi Moda Direktorat Perhubungan Darat Ahmad Yani menyerahkan bantuan 1 unit bus sekolah kepada Kota Balikpapan yang diterima langsung oleh Wali Kota Balikpapan H.M Rizal Effendi pada gelaran Kampanye Aksi Keselamatan Transportasi Darat 2018 di Lapangan Merdeka Balikpapan pada Minggu pagi (16/12).

Menurut Ahmad Yani, bantuan bus sekolah ini merupakan bentuk dari komitmen Kementerian Perhubungan dalam meningkatkan pelayanan angkutan massal kepada masyarakat khususnya anak sekolah, sehingga mereka tidak perlu menggunakan roda dua untuk ke sekolah.

“Anak-anak merupakan salah satu kelompok yang rentan terhadap ancaman kecelakaan lalu lintas. Data terakhir dari WHO menunjukkan di seluruh dunia tercatat lebih dari 186.000 anak meninggal karena kecelakaan lalu lintas. Di negara berkembang sendiri, jumlah anak-anak yang meninggal akibat kecelakaan 3 kali lebih banyak daripada di negara maju” Jelasnya.

Dikesempatan yang sama, pihaknya juga mengkampanyekan aksi keselamatan dengan cara mengurangi kecepatan saat berkendara.

“Dengan mengurangi kecepatan 5%, maka akan berdampak besar dan bisa menurunkan potensi kecelakaan dengan fatalitas yang tinggi di jalan raya sampai 30%´lanjutnya

Pada Aksi Keselamatan Transportasi Darat 2018 tersebut digelar diskusi panel membahas permasalahan lalu lintas di Kalimantan Timur khususnya di Kota Balikpapan. Dimulai dengan fun walk bersama,  panitia juga menyediakan stand pemeriksaan kesehatan gratis serta pembagian perlengkapan keselamatan berkendara berupa helm SNI kepada peserta yang hadir untuk mendukung program keselamatan jalan.

Selain dihadiri stakeholder terkait, acara yang diramaikan oleh artis Ibu Kota Bastian Steel dan Tival salsabila ini dihadiri juga oleh pelajar dan mahasiswa serta masyarakat umum dan sejumlah komunitas di Kota Balikpapan. (hjp/dishub)