SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DINAS PERHUBUNGAN KOTA BALIKPAPAN

Gandeng PUSKES TNI, BPSDMP Gelar Tes Kesehatan SIPENCATAR

Tuesday - 06 Agustus 2019 - Dibaca: 41 kali

Balikpapan – Senin (5/8), Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan kembali menyelenggarakan tes lanjutan Seleksi Penerimaan Calon Taruna/Taruni (SIPENCATAR) Kementerian Perhubungan Tahun Akademik 2019/2020, tes lanjutan dimaksud adalah tes kesehatan yang diselenggarakan di Rumah Sakit Tk. II Dr R Harjanto Balikpapan.

Drg. Nining selaku supervisi dari BPSDMP menjelaskan, berdasarkan Surat Perjanjian Kerjasama Nomor 04/V/2019, pihaknya bekerjasama dengan Pusat Kesehatan TNI untuk menyelenggarakan tes kesehatan di 39 titik lokasi.

“tahun ini BPSDMP bekerjasama dengan Puskes TNI. untuk Kota Balikpapan, RS DR Harjanto ditunjuk sebagai pelaksana tes, sementara fasilitator di daerah dibantu dari Dishub Balikpapan dan Otban Balikpapan”jelasnya.

Terkait dengan jenis pemeriksaan kesehatan SIPENCATAR tahun ini, Drg. Nining memaparkan ada beberapa elemen yang diperiksa, diantaranya riwayat penyakit, pemeriksaan fisik, pemeriksaan ketajaman penglihatan dan buta warna serta pemeriksaan gigi dan mulut.

“selain itu, dilakukan pula pemeriksaan penunjang meliputi laboratorium, pemeriksaan darah, pemeriksaan urin, pemeriksaan radiologi, elektro kardiografi serta audiometri” lanjutnya.

Tes kesehatan dilakukan untuk mengetahui kondisi calon taruna secara keseluruhan, sehingga nantinya taruna yang lolos tidak memiliki  kelainan yang bersifat fatal yang dapat mengakibatkan penyakit yang berujung pada kecacatan permanen dan kematian.

“juga untuk mengetahui apakah calon taruna memiliki kelainan atau penyakit yang dapat membahayakan orang lain atau menular, dan dapat mengganggu aktifitas selama di asrama saat mengikuti pendidikan nantinya” ungkapnya.

Pada tes kesehatan kali ini, diikuti sejumlah 30 peserta. jumlah tersebut merupakan calon taruna yang telah lolos tes sebelumnya, yakni Seleksi Kompetensi Dasar, Tes Akademik dan Psikotes. Setelah tes kesehatan, para calon taruna masih harus mengikuti tes kesamaptaan dan wawancara. (Hjp/dishub)