SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DINAS PERHUBUNGAN KOTA BALIKPAPAN

Kota Baikpapan Raih WTN ke-24 Kali

Wednesday - 18 September 2019 - Dibaca: 53 kali

Jakarta - Capaian prestisius kembali diraih Kota Balikpapan, setelah pada Minggu 15 September 2019 lalu Wali Kota Balikpapan H.M Rizal Effendi menerima penghargaan Piala Wahana Tata Nugraha dari Menteri Perubungan Budi Karya Sumadi pada peringatan Hari Perhubungan Nasonal 2019 di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC).

Penghargaan WTN 2019 ke-24 kalinya bagi Kota Balikpapan ini merupakan penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia kepada Provinsi, Kota/Kabupaten yang dianggap mampu menata transportasi dan fasilitas publik dengan baik.

Seperti yang dipaparkan Menteri Perhubungan dalam sambutannya, penghargaan Wahana Tata Nugraha sebagai upaya pembinaan dari Kementerian Perhubungan kepada Pemerintah Daerah agar memenuhi kriteria bagi penyelenggaraan pelayan transportasi dan fasilitas publik.

"Secara umum kita ingin sekali bahwa angkutan transportasi ini lebih baik, kita punya keinginan menjadikan transportasi itu mudah, cepat dan murah, dan juga diikuti dengan ramah lingkungan," tuturnya.

“Ada yang sudah maksimal namun ada juga yang belum maksimal dan ini kita pantau setiap 2 tahun sekali," tuturnya.

Pada penghargan WTN 2019 kali ini, pemenang dibagi menjadi 3 (tiga) kategori yakni Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) Wiratama diserahkan kepada Pemerintah Provinsi yang menerima penghargaan WTN Tahun 2019 terbanyak untuk kab/kota di dalam 1 provinsi,  Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) Tanpa Catatan diserahkan kepada 39 Kab/Kota salah satunya Kota Balikpapan serta Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) Dengan Catatan yang diserahkan kepada 38 Kab/Kota.

Sebelumnya, proses penilaian WTN tahun ini sudah dilakukan dimulai dengan survey lapangan sejak Tahun 2018 oleh tim penilai yang terdiri dari perwakilan Kementrian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera), Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), akademisi, dan pakar transportasi. (dishub/hjp)