SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DINAS PERHUBUNGAN KOTA BALIKPAPAN

Sambut HUT Kota, Dishub Launching Aplikasi TMC

Monday - 12 Februari 2018 - Dibaca: 3354 kali

Balikpapan – Menyambut Hari Jadi ke-121 Kota Balikpapan, Dinas Perhubungan Kota Balikpapan me-launching aplikasi Traffic Management Center (TMC) pada tanggal 9 Februari 2018 lalu. Aplikasi berbasis android ini berfungsi sebagai pantauan lalu lintas persimpangan di beberapa titik Kota Balikpapan.

Menurut Kepala Seksi Data Informasi dan Sistem Kontrol Kawasan Lalu Lintas Alexander Kombo, aplikasi in sudah tersedia di playstore dengan nama TMC Kota Balikpapan. Diharapkan aplikasi ini dapat dipergunakan oleh warga Balikpapan maupun instansi terkait seperti kepolisian, satpol PP, BPBD dan lain-lain.

“Aplikasi ini dapat digunakan oleh masyarakat maupun instansi terkait untuk memantau kemacetan lalu lintas, titik-titik lokasi banjir maupun pengawasan anak jalanan, aksesnya lebih mudah karena cukup menggunakan hp android saja” terangnya.

Lebih lanjut Alex (sapaan akrab – Alexander Kombo) menjelaskan saat ini ada 15 titik persimpangan yang dapat dipantau melalui aplikasi TMC tersebut, dan kedepannya akan ada penambahan dibeberapa titik baru.

“kami akan menambah titik-titik pantauan pada tahun 2018 ini, diantaranya Simpang Perumnas, Kawasan Tertib Lalu Lintas dan blackspot seperti di tanjakan Mazda Jl. MT Haryono” jelasnya.

Selain pantauan lalu lintas persimpangan, menurut Alex aplikasi TMC juga di integrasikan dengan aplikasi lain seperti Mata Perhubungan, dimana aplikasi ini merupakan integrasi data dan rekomendasi Analisis Dampak Lalu Lintas. Selain itu, aplikasi ini dilengakapi channel aduan seperti email, media sosial Dishub Balikpapan maupun nomor penggilan Darurat 112 dan bantuan Unit Derek.

“Saat in masih tahap pengembangan dan penyempurnaan,  semoga semua aplikasi yang ada di Dinas Perhubungan dapat di intergasikan ke TMC tersebut” tutupnya (dishub/hjp)