SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DINAS PERHUBUNGAN KOTA BALIKPAPAN

SIPENCATAR 2018 Memasuki Tes Kesehatan

Thursday - 16 Agustus 2018 - Dibaca: 2789 kali

Balikpapan - Sebanyak 37 peserta Seleksi Penerimaan Calon Taruna (SIPENCATAR) Kementerian Perhubungan Tahun Akademik 2018/2019 mengikuti tes kesehatan yang dilangsungkan di RST Dr R Hardjanto Jl tanjung Pura pada kamis (9/8) lalu.

Menurut Ketua Panita Daerah Kota Balikpapan Ardiawan Nugraha Putra saat ditemui disela-sela pelaksanaan, tes kesehatan ini merupakan tahapan tes lanjutan dari serangkaian tes yang harus dilalui calon taruna yang mendaftarkan dirinya di Sekolah kedinasan milik Kementerian Perhubungan.

“jadi calon taruna yang mengikuti tes kesehatan ini merupakan peserta yang sebelumnya telah lolos psikotes, jumlahnya 39 orang. Namun yang hadir saat ini 37 orang, sementara 2 orang lainnya tidak hadir dan dinyatakan gugur” jelasnya.

Sementara itu, menurut Drg. Nining selaku Panitia Pusat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Perhubungan, tujuan tes kesehatan adalah untuk mengetahui kondisi calon taruna secara keseluruhan sehingga nantinya taruna yang lolos tidak memiliki  kelainan yang bersifat fatal yang dapat mengakibatkan penyakit yang berujung pada kecacatan permanen dan kematian.

“selain itu tes kesehatan ini untuk mengetahui kelainan atau penyakit yang dapat membahayakan orang lain atau menular, dan dapat mengganggu aktifitas selama di asrama saat mengikuti pendidikan” lanjutnya.

Adapun jenis pemeriksaan kesehatan yang dilalui calon taruna meliputi pemeriksaan riwayat penyakit, pemeriksaan fisik, pemeriksaan ketajaman penglihatan dan buta warna, pemeriksaan gigi dan mulut.

Selain itu, dilakukan juga pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah dan urine, gula darah sewaktu, hepatitis B, tes fungsi hati, , pemeriksaan radiologi, elektro kardiografi,mikroskopik, audiometri, narkoba 6 parameter serta tes kehamilan untuk calon taruni. (hjp/dishub)