SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DINAS PERHUBUNGAN KOTA BALIKPAPAN

228 Personil Dishub Siap Amankan Arus Mudik dan Balik Lebaran 2019

Saturday - 01 Juni 2019 - Dibaca: 497 kali

Balikpapan – Sebanyak 228 personil Dinas Perhubungan Kota Balikpapan siap mengamankan arus mudik maupun arus balik jelang lebaran 2019. Hal ini ditegaskan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Sudirman Djayaleksana selepas memimpin apel kesiapan pasukan di Halaman Kantor Dishub, Rabu (29/5).

Kadishub juga memastikan selama menjalankan pelayanan kelacaran arus lalu lintas jelang lebaran ini, pegawai Dishub tidak diperkenankan cuti atau libur lebaran, baik itu petugas lapangan maupun staf di bagian administrasi.

“ini sudah jadi tradisi kami, pegawai Dishub tanpa terkecuali tidak ada yang cuti guna memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Cuti boleh diambil setelah lebaran” tegasnya.

Lebih lanjut Kadishub menjelaskan 228 personil tersebut akan ditempatkan baik di posko angkutan lebaran maupun mobile mengantisipasi kemacetan di wilayah Kota Baikpapan.

“personil akan disebar di posko-posko lebaran, seperti di Kantor Dishub, Terminal Tipe C Batu Ampar, Terminal Balikpapan Permai, Dermaga Kampung Baru Tengah, Kilometer 12 serta objek wisata Manggar”, paparnya

“selain itu ada juga personil yang kami tempatkan di posko terpadu (posko gabungan instansi lainnya, red) seperti di Pelabuhan Semayang, Bandara Udara SAMS Sepinggan maupun posko pemantau kemacetan di KM 5 Batu Ampar” lanjutnya.

Sementara untuk mengantisipasi kemacetan dalam kota, Kadishub memaksimalkan fungsi  Area Taffic Control System (ATCS) yang dilengkapi 51 CCTV tersebar disejumlah tempat di wilayah Kota Balikpapan.

“selain memantau arus lalu lintas, dari control room ATCS petugas kami juga dapat melakukan pengaturan waktu di simpang-simpang yang traffic light-nya sudah terkoneksi dengan ATCS, paling tidak perangkat ini mampu meminimalisir kemacetan” jelasnya.

“kami juga memaksimalkan fungsi audio announcer untuk peneguran pelanggaran lalu lintas, seperti parkir di trotoar, berhenti di rambu larangan dan sebagainya. Agar efektif kami juga menugaskan personil Dalops yang mobile mengatispasi kemacetan dan pelaggaran yang terjadi.” tutupnya. (hjp/dishub)