APILL (Alat Pengendali Isyarat Lalu Lintas)

Pemanfaatan ITS (Intelligent Transport System) secara sederhana dapat diartikan sebagai penerapan teknologi maju dibidang elektronika, computer dan telekomunikasi untuk membuat prasarana dan sarana transportasi lebih informative, efisien dan ramah linkungan. ITS ditujukan untuk meningkatkan keselamatan perjalanan, efisiensi dan keamanan dalam berkendara.

Secara bertahap persimpangan diwilayah Kota Balikpapan telah memiliki APILL (Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas) sebanyak 25 (Dua Puluh Lima) Simpang yang bertujuan untuk menghasilkan penghematan waktu perjalanan pada jaringan jalan melalui penerapan Waktu Hijau antar simpang secara terkoordinasi.

Secara berkesinambungan akan dilengkapi tekhnologi Full Responsive yang memungkinkan Traffic Light mengatur dirinya sendiri. Dengan dipasang alat sensor, Traffic Light dapat mendeteksi jumlah kendaraan atau kepadatan, dengan system detector dan juga dapat memungkinkan pemberlakuan Bus Priority, yakni sebuah system yang bertujuan memberikan prioritas bagi angkutan umum.